6 Oktober 2014 – 6 Oktober 2017

POLITEKNIK NEGERI CILACAP

freepik_simple

Humas PNC : Dies Natalis pasti mempunyai makna atau arti. Setiap organisasi pasti memiliki makna yang berbeda. Namun di setiap makna tersebut, pasti ada harapan agar organisasi tersebut menjadi lebih baik. Dan perayaan ini juga bermakna agar setiap orang di instansi tersebut dapat mengetahui kapan berdirinya instansi mereka. Dengan begitu, orang-orang dapat mengetahui sedikit sejarah yang dapat membuat mereka lebih menghargai para pendiri instansi tersebut dan lebih mencintai instansinya.

Politeknik Negeri Cilacap biasa disingkat sebagai PNC adalah sebuah perguruan tinggi negeri satu-satunya di Kabupaten Cilacap dan kedua di Jawa Tengah.

“Bangga Karya Sendiri, Menghargai Karya Orang Lain” demikian tag line yang dijadikan sebagai inspirasi dan semangat dari Dies Natalis Ke-3 Politeknik Negeri Cilacap kali ini. Tanggal 6 Oktober, merupakan tanggal yang telah ditetapkan oleh Senat PNC sebagai tonggak awal perubahan sekaligus tantangan dan harapan. Semula  Kampus ini berstatus perguruan tinggi swasta, kemudian beralih status menjadi perguruan tinggi negeri. DR. H.  Soesilo Bambang Yudhoyono disaat akhir masa jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6, pada tanggal 6 Oktober 2014 di Surabaya bersama-sama dengan12 Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) diresmikan. Dasar pendirian Politeknik Negeri Cilacap sendiri adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 102 Tahun 2014, tentang Pendirian, Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Cilacap.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri termuda di Jawa Tengah, Politeknik Negeri Cilacap berkomitmen untuk melakukan akselerasi di berbagai lini dan terus meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat. Kegiatan akademis dan ekstra akademis senantiasa dibangun dengan meningkatkan perangkat kurikulum, sumber daya pendidik dan kependidikan, sarana, prasarana, dan proses pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki standar kompetensi.

Dies Natalis ke 3 dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu mulai tanggal 5-6 Oktober 2017.  Sesuai Rundown kegiatan, pada hari pertama diawali dengan pembukaan oleh Soedihono, Dipl.Ing.,ST.MT-Direktur Politeknik Negeri Cilacap dengan melepas peserta Run Competition yang diikuti oleh Mahasiswa dan Karyawan PNC. Dalam sambutannya beliau mengatakan, kegiatan-kegiatan diesnatalis merupakan bentuk kemajuan dan berkembangnya Politeknik Negeri Cilacap, dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada diesnatalis ke-3, terlihat adanya kemajuan kreatifitas mahasiswa saat ini.  Semenjak Politeknik Cilacap beralih status menjadi negeri, animo masyarakat khususnya calon mahasiswa terus meningkat. Secara jumlah program studi yang dulu hanya tiga sekarang menjadi tujuh program studi.  Dengan bertambahnya mahasiswa dan program studi, beliau terus melakukan berbagai terobosan, diantaranya melengkapi fasilitas serta meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga pengajar.

Acara puncak yaitu pada hari Jumat tanggal 6 Oktober 2017 bertempat di Aula , dilaksanakan Tasyakuran yang kemudian pada sore harinya dilaksanakan pentas  seni dan band dari mahasiswa dan karyawan.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan- Pujono, ST.,M.Eng mengatakan sangat puas dengan suksesnya semua kegiatan diesnatalis, kedepannya Politeknik Negeri Cilacap bisa berkiprah lebih baik lagi ditingkat nasional maupun internasional. Selain itu, dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan, juga merupakan bentuk sosialisasi kemajuan perguruan tinggi. Hal ini menunjukan bahwa Cilacap memiliki perguruan tinggi negeri. “Diharapkan masyarakat akan tahu dan bisa bergabung dengan kita” harap Pujono.

Sementara itu Ketua Panitia dari mahasiswa Aisya Vidyasari mengatakan, konsep diesnatalis kali ini berbeda dari tahun sebelumya.  Hal ini bertujuan agar mahasiswa dan jajaran manajemen Politeknik Negeri Cilacap memiliki kesan sendiri.  Untuk Dies Natalis kali ini kami mengusung tema”From Unity to Solidarity” dengan harapan Politeknik akan semakin dekat dan dicintai masyarakat. Selain kegiatan outdoor, Politeknik juga menggelar acara indoor yaitu dengan menyelenggarakan acara seminar yang menghadirkan General Manager PLTU Adipala Mulayadi Koto sebagai pembicara, seminar diberi tema “Kesiapan Tenaga Kerja dalam menyambut program listrik nasional 35.000 MW.

berita foto Dies Natalis 1 berita foto Dies Natalis 2 berita foto Dies Natalis 3 berita foto Dies Natalis 4 berita foto Dies Natalis 5

0